ASI Yang Diproduksi Satu Payudara, Normal Atau Tidak.?

ASI yang diproduksi satu payudara

Produksi ASI – Air Susu Ibu atau yang disingkat dengan ASI merupakan asupan penting untuk buah hati anda. Normalnya, Ibu harus memberikan ASI kurang lebih 2 tahun lamanya.

Disamping kualitas ASI yang harus baik, tentu saja produksi ASI juga harus diperhatikan. Apakah anda mengeluh karna ASI yang diproduksi hanya pada satu payudara anda saja. ( Baca Juga : Penyebab Dan Risiko Penyakit Paru Obstruktif )

Bukankah produksi ASI dari kedua payudara lebih baik.? Lantas, normalkah jika ASI yang diproduksi hanya satu payudara saja. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

ASI Yang Diproduksi Satu Payudara, Normal Atau Tidak.?

ASI memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Nutrisi pada ASI juga menjadi asupan yang kaya manfaat dan baik untuk pertumbuhan bayi anda.

Meskipun demikian, banyak sekali bayi yang kurang atau tidak memperoleh ASI ekslusif. Bahkan, rata rata dari bayi, menerima ASI kurang dari 2 tahun, atau sekitar 6 bulan saja.

Banyak kesibukan yang menjadi masalah utama kenapa ibu dari bayi mengalihkan susu sapi sebagai pengganti ASI. Bukan karna pekerjaan saja, salah satunya adalah masalah produksi air susu yang hanya sebelah saja. ( Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Di Kantor )

Dilansir dari situs hellosehat.com hal tersebut bisa saja terjadi, karena tidak semua payudara bekerja dengan maksimal. Kerja pada kedua payudara terkadang berbeda. Maka dari itu, satu payudara  dengan yang lainnya akan menghasilkan jumah ASI yang berbeda.

Namun, anda tidak perlu khawatir, karena meskipun hanya sebelah payudara, Tubuh tetap akan menghasilkan jumlah ASI sesuai kebutuhan bayi anda.

Faktor Penyebab ASI Hanya Keluar Dari Satu Payudara Saja.?

Semua hal yang terjadi, tentu ada faktor penyebanya. Payudara berbentuk simetris. Terkadang, sepasang payudara anda memiliki ukuran yang berbeda.

Kondisi ini rentan terjadi pada mereka yang pernah melakukan prosedur operasi payudara. Baik itu berupa implan payudara, biopsi payudara, bahkan pengangkatan payudara.

Selain itu juga, kondisi ini bisa saja akibat dari kebiasaan menyusui dengan satu payudara saja. Anda cenderung lebih sering memberi bayi ASI yang terfokus pada satu payudara saja. ( Baca Juga : Kurang Tidur Sebabkan Tekanan Darah Naik )

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Produksi ASI.?

Untuk mengatasinya, anda harus mengetahui apa faktor penyebab utamanya. Jika disebabkan oleh kebiasaan bayi yang menyusui di salah satu payudara. Cobalah membiasakan untuk mengganti ke payudara yang satunya lagi.

Untuk lebih lanjutnya, anda bisa konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kondisi payudara yang anda alami. ( Baca Juga : Penjelasan Medis Tentang Darah Haid )

Sumber :

  • https://www.parents.com/advice/babies/breastfeeding/why-isnt-one-of-breasts-producing-enough-milk/
  • hellosehat.com

Dipost oleh : Khasiat Jelly Gamat QnC

ASI Yang Diproduksi Satu Payudara, Normal Atau Tidak.? – Jelly Gamat QnC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *