Cara Mengetahui Penyakit Kanker Hati

cara mengetahui penyakit kanker hati

Kanker Hati – Penyakit kanker, adalah penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan, kanker termasuk ke dalam penyakit paling mematikan ke 2 setelah jantung. Kanker itu sendiri disebabkan oleh tumbuhnya sel jaringan kanker pada organ hati anda.

Namun, kebanyakan orang orang tidak mengetahui gejala utama dari penyakit kanker. Dan kebanyakan pasien memeriksakan penyakit kanker setelah masuk pada stadium lanjut. Gejala utama dari penyakit kanekr hati memang hampir sama dengan beberapa penyakit lainnya.

Salah satunya adalah nyeri atau sakit pada bagian perut. Kulit dan mata menjadi menguning. Sebaiknya, setelah anda mengalami kondisi seperti itu, anda coba untuk memeriksakan diri pada dokter. Dengan demikian, dokter akan mendiagnosis penyakit yang anda derita dengan tepat. Apakah positif terkena penyakit kanker hati atau tidak.

Pentingnya mengetahui gejala suatu penyakit adalah mampu mengobati penyakit yang anda derita sebelum kondisi yang lebih parah. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang beberapa cara mengetahui penyakit kanker hati. Apa saja itu.? simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Mengetahui Penyakit Kanker Hati

Proses diagnosis penyakit adalah suatu hal yang dilakukan dokter untuk mengatahui penyakit yang anda alami. Banyak prosedur yang bisa anda jalani selama proses diagnosis. Berikut adalah beberapa cara mendiagnosis penyakit kanker hati.

1. Melakukan Tes Fungsi Organ Hati

Pada kondisi ini, dokter akan melakukan pemeriksaan terkait fungsi organ hati anda. Dokter akan mengetahui apakah hati anda bekerja secara optimal dengan menggunakan tes ini. Tes fungsi organ hati juga akan mengukur jumlah enzim di dalam darah anda.

2. Mengecek Riwayat Kesehatan Anda

Dalam proses diagnosis, dokter akan memeriksa tubuh anda. Apakah terdapat beberapa benjolan yang terasa atau membuat anda merasakan nyeri. Pada kanker hati, gejala diawali dengan nyeri di daerah perut, rasa sakit atau nyeri saat anda tekan.

Dan dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan tersebut dalam prosedur ini. Selain itu juga, dokter akan mengecek riwayat kesehatan anda, apakah anda pernah mengalami kanker sebelumnya, atau kerusakan pada organ hati anda.

3. Menggunakan Serum Tumor

Dokter juga akan melakukan beberapa jenis tes uji, seperti dengan mengukkur jumlah kimia yang dikeluarkan tubuh. Beberapa jenis kanker bisa ditemukan dalam beberapa peningkatan darah. Seperti halnya peningkatan alfa feto protein atau AFP di dalam darah. Kondisi inilah yang kemudian menjadi tanda adanya kanker hati pada tubuh anda.

4. CT Scan

CT scan adalah salah satu cara yang dilakukan dokter untuk melakukan pemeriksaan terkait proses diagnosis penyakit. CT Scan dilakukan dengan pengambilan gambar oleh mesin yang mirip dengan sinar-X. Selain itu juga, untuk mengetahui lebih detail, besar kemungkinan zat pewarna akan disuntikan untuk membantu menampilkan gambar organ lebih baik.

5. Melakukan Biopsi

Biopsi. Apa itu.? biopsi merupakan salah satu cara mendiagnosis penyakit kanker hati. Proses diagnosisnya adalah dengan mengangkat bagian jaringan hati yang kemudian dilihat melalui mikroskop. Prosedur ini yang kemudian disebut dengan anestesi.

Bagaimana Cara Mengobati Kanker Hati.?

Proses pengobatan kanker hati dapat ditentukan berdasarkan stadium, lokasi tumor di dalam ahti, ukuran, seberapa buruk organ hati anda bekerja, apakah terdapat sirosis atau tidak.? serta mengetahui penyebaran tumor apakan sudah meluas atau tidak.

Pengobatan yang biasanya dilakukan adalah dengan operasi adapun jenis pengobatan lainnya, seperti transplantasi hati, ablasi, kemoterapi atau dengan radioterapi.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *