Penyebab Dan Risiko Penyakit Paru Obstruktif

Penyakit Paru Obstruktif

Penyebab Dan Risiko Penyakit PPOK – Apa itu penyakit PPOK.? PPOK adalah singkatan dari Penyakit Paru Obstruktif Kronis. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paru yang dapat mengancam jiwa. Penyakit ini juga sangat berpengaruh pada sistem pernafasan yang normal.

Berdasarkan data dari organisasi kesehatna dunia, WHO. Penyakit paru obstruktif terjadi pada lebih dari 3 juta orang di tahun 2012, yang berarti menyumbang sebanyak 6% kematian total secara global. ( Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Di Kantor )

Penyebab Dan Risiko Penyakit Paru Obstruktif

Penyakit PPOK adalah penyakit kronis yang bisa terjadi dalam waktu yang cukup lama. Untuk menghindari kerusakan yang serius pada paru paru anda, anda bisa melakukan pencegahan dan pengobatan secara dini. Untuk pencegahan, akan lebih baik jika anda mengetahui apa saja faktor penyebab penyakit PPOK. Berikut, merupakan faktor penyebab penyakit PPOK.

1. Rokok Adalah Penyebab Utama PPOK

Merokok sering dikaitkan dengan dampaknya pada sistem pernafasan. Salah satunya adalah menjadi penyebab PPOK ini. Merokok bisa menyebabkan 90% kematian dari penyakit PPOK. Berdasarkan penelitian dari American Lung Association (ALA), perokok aktif lebih mungkin terkena penyakit PPOK lebih beresiko 13 kali lipat dari mereka yang tidak merokok.

Apa bedanya perokok batangan dan cerutu.? keduanya memiliki risiko yang sama. Bahkan, bagi perokok pasif juga bisa meningkatkan risiko anda terkena penyakit ppok. ( Baca Juga : Kurang Tidur Sebabkan Tekanan Darah naik.? Benarkah.? )

2. Faktor Genetika

Selain merokok, faktor genetik berperan juga dalam meningkatkan risiko penyakit PPOK ini. Kelainan genetik dapat mengakibatkan kekurangan α1-antitrypsin (AAT). Yang mana, defisiensi AAT menjadi salah satu penyebab penyakit PPOK.

3. Usia Dan Risiko PPOK

Bukan hanya merokok dan faktor genetik. Penyakit PPOK sering terjadi pada mereka yang berusia 40 tahun. Selain itu juga, mereka memiliki riwayat merokok. Insiden ini sering meningkat seiring dengan bertambahnya usia. ( Baca Juga : Penjelasan Medis Tentang Darah Haid )

4. Debu, Bahan Kimia Penyebab PPOK

Debu juga bahan kimia lainnya bisa mengakibatkan gangguan pada paru paru anda. Selain itu juga, paparan jangka panjang pada debu dan bahan kimia bisa mengiritasi serta mengakibatkan peradangan saluran pernafasan juga paru paru yang salah satunya adalah penyakit PPOK. Seseorang yang memiliki profesi yang sering berhadapan dengan debu juga bahan kimia akan memiliki risiko tinggi terkena penyakit PPOK. ( Baca Juga : Flu Berkepanjangan Memicu Penyakit Jantung )

5. Polusi Udara

Polusi udara bukan dari rokok saja, polusi udara bisa berasal dari asap kendaraan, asap pabrik atau beberapa polutan di dalam juga di luar ruangan. Kondisi ini bisa menyebabkan paparan berkepanjangan dan semakin meningkatkan risiko terkena penyakit gangguan paru paru. Yang salah satunya adalah PPOK. ( Baca Juga : 18 Penyebab Penyakit Ginjal Yang Perlu Di Ketahui )

Dipost Oleh : Khasiat Jelly Gamat

 

Penyebab Dan Risiko Penyakit Paru Obstruktif – Jelly Gamat QnC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *